Kamis, 27 Januari 2011

Internet Banking

          Internet banking sering juga dikenal dengan sebutan Electronic Banking (E-Banking), Cyberbanking, Virtual Banking, Home Banking, dan Online Banking. Internet banking adalah aktifitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor, atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.

         Internet banking memberikan keuntungan kepada nasabah bank, karena masabah tidak perlu lagidatang ke bank untuk melakukan transaksi perbankan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi nasabah. Keuntungan yang lain, nasabah dapat melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja (asalkan tersedia internet).

        Sedangkan bagi pihak bank, internet banking memungkinkan bank untuk mengurangi biaya operasional. Internet banking akan mengurangi nasabah yang akan datang ke bank, sehingga bank dapat menggunakan kantor yang lebih kecil dan pegawai yang lebih sedikit. Kedua hal tersebut menyebabkan bank dapat mengurangi biaya sewa tempat dan gaji karyawan.

    Transaksi yang dapat dilakukan melalui internet banking adalah transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan-tagihan, informasi rekening, transaksi-transaksi, dan lain sebagainya. Transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui teller bank atau ATM.

       Salah satu bank di dunia yang merupakan pionir dari internet banking adalah Security First Network Bank (SFNB-ww.sfnb.com). Sedangkan di Indonesia, bak-bak yang telah menyediakan jasa internet bankig, antara lain BCA, Bank Mandiri, Lippo Bank, BII, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar