Kamis, 27 Januari 2011

E-Commerce

          Electronic Commerce (E-Commerce) atau perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama internet. Internet memungkinkan orang atau organisasi yang berada pada jarak yang jauh dapat saling berkomunikasi dengan biaya yang murah. Hal ini kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi perdagangan.
          Ada banyak bentuk perdagangan secara elektronik yangdilakukan saat ini, antara lain internet banking, pembelian dan penyediaan barang, toko online, dan sebagainya.
          Perdagangan secara elektronik memberikan keuntungan, baik kepada perusahaan, maupun kepada konsumen. Keuntungan yang diperoleh perusahaan antara lain sebagai berikut :
  1. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahaan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Misalnya, perusahaan atau toko di Amerika dapat menjual produknya kepada orang di Jepang.
  2. Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
  3. Biaya yang dikeluarkan perusahaan dapat dikurangi, karena perusahaan tidak perlu menyediakan toko yang besar dan pegawai yang banyak.
  4. Karena biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dapat dikurangi, maka harga barang dapat dijual dengan lebih rendah. Akibatnya, lebih banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Barang menjadi lebih banyak yang laku.
  5. Barang yang dijual lebih murah dapat meningkatkan daya asing perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar