Kamis, 17 Februari 2011

Materi kelas 9 : Komunikasi Data

            Pengertian komunikasi data berhubungan erat dengan pengiriman data menggunakan sistem transmisi elektronik satu terminal komputer ke terminal komputer lain. Data yang dimaksud di sini adalah sinyal. Sinyal elektromagnetik yang dibangkitkan oleh sumber data yang dapat ditangkap dan dikirimkan ke terminal-terminal penerima. Yang dimaksud terminal adalah peralatan untuk terminal suatu data seperti disk drive, printer, monitor, papan ketik, scanner, plotter, dan sebagainya.

            Jadi, komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data (informasi) dari dua atau lebih device (alat seperti komputer, laptop, printer, dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan baik lokal maupun global seperti internet.

            Sementara itu, sistem komunikasi data adalah jaringan fisik dan fungsi yang dapat mengakses komputer untuk mendapatkan fasilitas seperti menjalankan program, mengakses basis data, melakukan komunikasi dengan operator lain, sedemikian rupa sehingga semua fasilitas berada pada terminalnya walaupun secara fisik berada pada lokasi yang berpisah.

            Dalam proses komunikasi data dari satu lokasi yang lain, harus ada minimal tiga unsur utama sistem yaitu sumber data, media transmisi, dan penerima. Andaikan salah satu unsur tidak ada, maka komunikasi tidak dapat dilakukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar