Jumat, 04 Februari 2011

a. Hard Disk Drive


            Hard disk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data. Hard disk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Jika hard disk dibuka, maka di dalamnya terlihat piringan logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putarannya bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit bahkan ada yang sampai 7200 putaran per menit.

            Kemampuan sebuah hard disk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarya bervariasi, ada yang 1,2 Gigabyte (GB) hingga 80 GB. Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang bahkan ketika tidak diberi tegangan listrik (bersifat non-volatile).

            Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung. Selain menjadi tempat penyimpanan data, hard disk juga berfungsi sebagai boot device utama, dimana sistem operasi yang diinstall pada hard disk tersebut akan dijalankan pada saat komputer mulai dijalankan (booting).

            Hard disk terdiri dari komponen-komponen utama berikut :
  • Piringan logam (platter) yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data. Piringan ini diberi lapisan bahan magnetis yang sangat tipis.
  • Head yang berupa kumparan. Head pada hard disk berbeda dengan head pada tape. Pada tape proses baca dan tulis (rekam) menggunakan dua head yang berbeda, menggunkan head yang sama.
  • Rangkaian elektronik pada PCB (Printed Circuit Board) terdiri dari rangkaian penguat, DSP (Digital Signal Processor) untuk memproses sinyal digital, memori chip, konektor, serta spindle dan actuator monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar