Selasa, 15 Februari 2011

b. Printer

            Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar ataupun grafik dalam media kertas. Banyak sekali jenis printer yang bisa dijumpai, baik ditinjau dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik pengoperasiannya. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark, dan lain-lain.

Terdapat tiga macam teknologi printer yang ada saat ini, yaitu :
Ø  Printer dot-matrik, printer jenis ini sudah jarang dipakai oleh kalangan masyarakat saat ini. Hal ini disebabkan karena jenis printer ini biasanya khusus digunakan untuk mencetak tulisan saja. Printer ini membentuk tulisan dan gambar dari dot-dot (titik-titik) yang dicetak. Warna yang dihasilkan tergantung dari penggunaan pita/ribbon yang mengeluarkan bunyi yang cukup keras yang disebabkan oleh pergerakan jarum pada saat mencetak larakter dikertas. Resolusi printer ini hanya berkisar antara 9 hingga 24 dpi sehingga kurang baik untuk dipakai mencetak gambar.
Ø  Printer inkjet, disebut juga bubble jet. Teknik pencetakan pada printer inkjet dilakukan dengan menyemburkan tinta cair melalui nozzles (pipa semprot) yang terletak pada head. Herad priter akan membentuk karakter-karakter yang diperintahkan komputer dengan suara yang relatif pelan. Pengisian ulang tinta printer jenis ini menggunakan cartridge, yaitu wadah kotak khusus yang berisi tinta. Namun, pengisian tinta secara berulang-ulang dan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada printer ini.
Ø  Printer laser, menggunakan teknologi laser jet dengan menggabungkan cahaya, panas, dan tekanan sehingga memiliki tingkat kehalusan karakter dan resolusi cetak yang sangat tinggi dan menyerupai teknologi mesin foto kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar