Minggu, 26 Desember 2010

Keamanan Data dalam Transaksi di Internet

        Keamanan data merupakan hal yang sangat penting diperhatikan dalam menggunakan layanan transaksi di internet, seperti perdagangan online dan internet banking. Pihak penyedia layanan harus menjamin keamanan para pengguna layanan mereka. Dalam hal ini, toko online atau bank harus menyediakan teknologi keamanan data yang sesuai standar, sehingga data-data pelanggan tidak dapat dicuri dan digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

            Bisa kita bayangkan, jika seseorang menyusup ke komputer toko online atau bank melalui internet dan mencuri data-data konsumen atau kemudian mentrasfer dana nasabah ke rekening nya sendiri. Tentu saja, hal ini akan sangat merugikan konsumen dan nasabah yang kehilangan uangnya. Semua teknologi keamanan data yang ada wajib disediakan oleh penyedia jasa layanan toko online atau internet banking. Hal ini untuk menjamin keamanan data transaksi yang dilakukan, sehingga para pengguna jasa layanan mereka tidak dirugikan.

            Selain tanggung jawab penyedia layanan, kita sebagai pengguna layanan toko online dan internet banking juga memiliki tanggung jawab dalam menjaga keamanan data-data kita. Misalnya saja, kita harus menjaga nomor kartu kredit, user ID, dan password kita gar tidak diketahui oleh orang lain. Karena jika nomor kartu kredit, user ID, dan password kita diketahui orang lain, hal tersebut dapat merugikan diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar